Struktur Aplikasi Visual Basic

 

 

 Aplikasi ( Proyek ) terdiri dari:

 

-         form : windows/jendela dimana user membuat interface/tampilan

-         kontrol/control : tampilan berbasis grafis yang dimasukkan pada form untuk membuat interaksi dengan user ( text box, label, scroll bar, command ).

Form dan kontrol adalah objek

-         properti/properties : nilai/karakteristik yang dimiliki oleh sebuah objek Visual Basic. Contoh: Name, Captions, Size, Color, Position, dan Text. Visual Basic menerapkan properti standar/default. Pengubahan properti dapat dilakukan saat mendesain program atau ketika program dijalankan/runtime

-         metode/methods : serangkaian perintah yang sudah tersedia pada suatu objek yang dapat diminta untuk mengerjakan tugas khusus

-         prosedur kejadian/event procedures : kode yang berhubungan dengan suatu objek. Kode ini akan dieksekusi ketika ada respon dari pemakai berupa event tertentu.

-         prosedur umum/general procedures : kode yang tidak berhubungan dengan suatu objek. Kode ini harus diminta oleh aplikasi.

-         modul/module  : kumpulan dari prosedur umum, deklarasi variabel dan definisi konstanta yang digunakan oleh aplikasi.